Perasaan benci

mengapa kita membenci? mengapa kita mempunyai rasa benci? dan bisakah kita untuk tidak menggunakannya (tidak membenci)???. bagaimana pendapatmu? punyakah kamu perasaan membenci terhadap sesuatu hal? misalnya pada orang, makanan, benda ataupun pada hal-hal lainnya, terus gimana caranya mengatasi rasa benci itu?. sebenarnya perasaan benci adalah manusiawi yang negatif, sama seperti perasaan dendam, iri, marah dan perasaan negatif lainnya.

saya kadang heran sih sama orang yang membenci yang benar-benar benci terhadap orang atau sesuatu hal, kok bisa ya? kadang sampe nyumpahin orang yang dibencinya, ngomongin rasa nggak sukanya ke orang lain, suka dan girang kalo orang yang dibencinya itu menderita atau dalam keadaan kesulitan. karena jujur saya dulu pernah membenci tapi yaudah cuma benci sesaat terus udah ilang, karena buat apa? gada gunanya juga rasa benci itu dipelihara, yang malah bikin hati kita dipenuhi perasaan negatif lainnya.

secara emosi, orang yang membenci memiliki banyak tekanan, ngga tenang, marah yang ngga ada abis-abisnya, kadang cuma ngeliat foto atau denger suara orang yang dibencinya dia jadi ngerasa risih banget, ngga enak banget deh pokoknya punya rasa benci. selain itu, membenci juga ngga sehat buat otak, bikin capek hati dan pikiran sendiri, kita jadi mudah deh berburuk sangka sama orang lain.

Terus, kalo menurut ilmu psikologi nih ya, salah satu alasan kita membenci adalah ada bagian didalam diri kita yang sebenarnya belum bisa kita terima, khawatir akan kekurangan diri sendiri, rendah diri dan ketakutan akan hal-hal yang akan terjadi dimasa depan, jadi ibaratnya membenci itu bentuk pelarian, karena membuat dirinya merasa kalo ada orang yang yang ngga lebih baik dari dia, merasa kalo orang yang dibencinya itu memang buruk dan pantas untuk dikucilkan.

buat kamu yang sekarang masih punya rasa benci terhadap seseorang atau terhadap suatu hal, coba tanya deh sama diri sendiri, kenapa kamu membencinya? buat apa kamu membencinya? dan mau sampai kapan kamu membencinya?. iya, mungkin dia pernah menyakiti kamu, pernah membuatmu berada dalam keadaan yang sulit atau karena alasan lainnya. tapi hei, kamu juga berhak mendapatkan kedamaian hati dengan cara memaafkannya, atau paling tidak cari tahu alasan kenapa dia menyakiti kamu. kita semua sebagai manusia biasa pasti pernah berbuat salah, mungkin, entah secara sadar atau tidak sadar kita juga pernah menyakiti perasaan orang lain dan orang lain itu memilih untuk memaafkan kita karena dia berhak mendapatkan kedamaian hati, lantas mengapa kamu tidak? saya tahu, ini tidak mudah, segala rasa sakit masih sering terasa dan terngiang, tapi mencoba memaafkannya tidak ada salahnya bukan, perlahan-lahan, pelan-pelan saja, karena memelihara perasaan benci itu hanya akan membuat kamu merasa gelisah, ngga sehat buat hati dan mood kamu bakalan mudah naik-turun.

kita selalu punya pilihan kok untuk memilih bahagia dalam suasana sedih, atau sebaliknya, untuk merasa sedih dalam suasana bahagia, untuk merasa tenang dalam keadaan panik, untuk membenci atau memaafkannya, untuk keras kepala atau mengalah, dan pilihan-pilihan lainnya. kita selalu bisa memilih dalam keadaam sesulit apapun.

dan ingat setiap orang, setiap makhluk memiliki kisah hidupnya masing- masing. kita ngga pernah tahu hal sulit apa saja yang udah orang itu alami, kita ngga pernah tahu segigih apa orang-orang diluar sana untuk bertahan, pun sama, orang-orang tidak akan tahu sesulit apa hal yang pernah kita alami, sedih-senang, jatuh-bangun, yang tahu dan merasakan ya diri kita sendiri. jangan mudah membenci dan menyimpulkan sesuatu hanya dari mata dan  pendengaran melalui katanya.

segitu aja, terimakasih sudah membaca tulisan ini. silahkan share pengalaman atau pendapat kalian juga dikolom komentar.

see you :)








Komentar